PENYELENGARAAN EVENT KAMBING KALIGESING TAHUN 2022
PENYELENGARAAN EVENT KAMBING KALIGESING TAHUN 2022

Kamis, 29 Sep 2022 | 12:53:36 WIB - Oleh Administrator


Di dalam kondisi seperti ini dimana terjadi kesulitan perekonomian secara global, lesu bahkan tidak begerak sama sekali dan kita masih dalam era untuk bangkit dari kesulitan akibat panjangnya pandemic Covid 19 diperlukan ketekunan dan terobosan terobosan baru guna tetap memelihara daya beli serta berupaya meningkatkan tingkat kesejahteraan warga masyarakat.  

Permasalahan tersebut ditangkap oleh Komunitas Perkanas ( Perkumpulan Peternak Kambing Kaligesing Nasional ) Cabang gembong sebagai sebuah peluang usaha dan upaya untuk ikut menggerakkan ekonomi masyarakat gembong khususnya dan skala nasional pada umumnya dengan mengadakan event Kaligesing. Secara spesifik Bapak Mulyono menyampaikan bahwa maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memotivasi peternak kambing Peranakan Etawa ( PE ) untuk meningkatkan kualitas hewan ternaknya yang akan berdampak pada kenaikan nilai jual sehingga meningkatkan taraf hidup para peternak.

Lebih lanjut pengurus yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Plukaran itu menegaslkan bahwa disamping menciptakan ketahanan pangan dan hewani yang merupakan prioritas pembangunan nasional, penyelenggaraan ini dimaksudkan agar para peterenak dapat memahami tata cara beternak kambing PE secara baik dan benar serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat, khususnya para peternak.

Dalam kesempatan lain Bapak Dr. Hartotok, S.Kep selaku ketua Dewan Pimpinan Cabang ( DPC ) Perkanas menegaskan event ini diselenggarakan atas inisiatif para anggota, dibiayai dari swadaya seluruh anggota, sponsor pihak ketiga, uang pendaftaran serta penjualan kaos yang bersifat sukarela. “ Sedangkan kriteria penilaian ataupun obyek penilaian  adalah pasung, kuping, kaki serta bulu dari kambing tersebut ” pungkasnya.

Acara dibuka Bupati Pati yang diwakilkan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Pati berhasil di juarai kambing “ Anggora “ yang berasal dari Mojokerto Jawa Timur. Pemenang berhak atas Trophy, Sertifikat dan uang pembinaan. Hadir juga Bapak Camat Gembong, Kapolsek dan Komandan Koramil Gembong beserta OPD terkait. Dalam sambutanya Bapak Bupati berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin dan semakin meningkat baik peserta maupun kualitas hewan ternak yang di lombakan. Yang tidak kalah penting adalah pelatihan kewirausahaan para peternak kambing PE, sehingga diharapkan dapat menyelenggarakan event secara mandiri tidak perlu mempergunakan EO swasta sehingga menghemat pengeluaran.

Dewan Pengurus Pusat ( DPP ) Perkanas Pusat hadir secara pribadi untuk melihat secara langsung penyelenggaraan event ini sekaligus berkenan menjadi juri penilai yang menentukan peringkat sekaligus menentukan juara. Secara khusus DPP Perkanas berharap agar event ini menjadi ajang untuk membina kekompakan dan kebersamaan para peternak kambing PE yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya.