Peringatan Hari Santri Tahun 2022 Tingkat Kecamatan Gembong
Apel Hari Santri dan Jalan Sehat Sholawat

Senin, 24 Okt 2022 | 08:40:39 WIB - Oleh Administrator


GEMBONG - Presiden joko widodo melalui keputusan presiden nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 oktober sebagai hari santri. penetapan 22 oktober merujuk pada tercetusnya "resolusi jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan indonesia. resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 november 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan.

Untuk tahun 2022 ini, peringatan hari santri mengangkat tema ''Berdaya menjaga martabat kemanusiaan''. Ini mengandung pesan bahwa santri adalah pribadi yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Santri dengan segala kemampuannya, bisa menjadi apa saja. Santri tidak hanya ahli ilmu agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Meski bisa menjadi apa saja, santri tidaklah melupakan tugas utamanya menjaga agama. Karena salah satu tujuan agama adalah untuk memuliakan manusia. Sebaliknya, agama tidak diturunkan untuk merendahkan martabat kemanusiaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kiai Sholikhin, Ketua MWC-NU Gembong di acara Peringatan Hari Santri 2022 tingkat Kecamatan Gembong yang dilaksanakan pada hari Minggu (23/10), dengan menggelar perayaan tahunan bagi kaum santri tersebut. Kegiatan bertajuk Apel Hari Santri dan Jalan Sehat Sholawat ini diikuti sedikitnya 1000 orang. Mereka terdiri dari pengurus MWC NU, Pengurus Ranting NU, pengurus Banom-Banom NU serta jama’ah yasin dan tahlil ibu-ibu.

Para peserta yang hadir tampak begitu bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini dapat dimaklumi mengingat selama dua tahun ini, MWC-NU Gembong absen memperingati Hari Santri akibat pandemi. Untuk mendukung acara ini, panitia memang telah menyediakan 500-an ragam hadiah, mulai yang bernilai puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Tarmuji selaku panitia kegiatan menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada segenap donatur dan pihak-pihak yang berkenan menjalin kerjasama hingga pelaksanaan acara tersebut berjalan lancar dan sukses. Diakhir prakatanya Tarmuji tak lupa mengajak, melalui momen Apel Hari Santri dan Jalan Sehat Sholawat sebagai bentuk  peringatan hari santri tahun 2022 ini, untuk  mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.