PPID

STANDAR PELAYANAN PERIJINAN

DALAM RANGKA PELAYANAN TERPADU KECAMATAN GEMBONG

 

 NO

Jenis Pelayanan

Persyaratan

Waktu

Biaya

Keterangan

 1.

IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN

Mengisi formulir permohonan yang telah diketahui Camat sesuai lokasi bangunan, dilampiri:

-           Gambar rancang lengkap denah tampak potongan secara sederhana

-           Fotocopy sertifikat/surat keterangan status tanah dari Pejabat yang berwenang

-           Surat pernyataan tidak keberatan dari pemilik tanah apabila membangun di tanah orang lain

-           Fotocopy KTP

12 hari

Sesuai Perda

Klasifikasi Objek Ijin:

-        Bangunan rumah tinggal, tempat usaha mikro dan tempat usaha  dengan kategori gangguan kecil

-        Tidak merupakan kompleks perumahan

-        Berlokasi di jalan desa/jalan lingkungan

-        Luas bangunan s.d. 100m2

-        Bangunan tidak bertingkat

Proses di kecamatan.

Penandatanganan ijin oleh Camat.

 2.

IJIN USAHA PERDAGANGAN

PERORANGAN

Mengisi formulir permohonan dilampiri:

-           Fotocopy KTP Pemohon

-           Surat pengantar dari Desa diketahuki Camat

PERSEROAN TERBATAS

Mengisi formulir permohonan yang telah tersedia, dilampirkan :

-           Foto copy akte pendirian perusahaan/akte Notaris yang telah didaftarkan pada Pengadilan;

-           Foto copy KTP pemilik/penanggung jawab Perusahaan;

-           Foto copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan;

-           Foto copy Ijin Gangguan;

-           Neraca awal Perusahaan;

PERUSAHAAN PERSEORANGAN (PO)

Mengisi formulir permohonan yang telah tersedia, dilampirkan :

-           Foto copy KTP pemilik/penanggung jawab Perusahaan;

-           Foto copy Ijin Gangguan;

-           Foto copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan (bila ada);

-           Surat pengantar dari desa diketahui Camat.

 

KOPERASI

Mengisi formulir permohonan yang telah tersedia, dilampirkan :

-           Foto copy akte pendirian koperasi yang telah mendapatkan pengesahan dari instansi berwenang;

-           Foto copy KTP Ketua/Penanggung jawab Koperasi;

-           Foto copy izin gangguan;

-           Neraca Awal Koperasi.

3 hari

Gratis

Klasifikasi obyek izin :

-        SIUP Mikro modal Usaha (tidak termasuk tanah dan bangunan) sampai dengan Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).

-        Modal usaha tidak (termasuk tanah dan bangunan sampai dengan Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).

Penandatanganan izin oleh Camat.

3.

Tanda Daftar Perusahaan

PERORANGAN

Mengisi formulir permohonan yang telah tersedia, dilampirkan :

-           Foto copy KTP pemohon dan foto copy Direktur;

-           Surat pengantar dari desa diketahui Camat.

PERSEROAN TERBATAS

Mengisi formulir permohonan yang telah tersedia, dilampirkan :

-           Foto copy akte pendirian Perusahaan/ akte Notaris yang telah didaftarkan pada pengadilan;

-           Foto copy KTP pemilih/penanggung jawab Perusahaan;

-           Foto copy nomor pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan;

-           Foto copy izin gangguan;

-           Neraca awal Perusahaan.

PERUSAAAN PERSEORANGAN (PO)

Mengisi formulir permohonan yang telah tersedia, dilampirkan :

-           Foto copy KTP pemilik/penanggung jawab Perusahaan;

-           Foto copy Ijin Gangguan;

-           Foto copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan (bila ada);

-           Surat pengantar dari desa diketahui Camat.

 

KOPERASI

Mengisi formulir permohonan yang telah tersedia, dilampirkan :

-           Foto copy akte pendirian koperasi yang telah mendapatkan pengesahan dari instansi berwenang;

-           Foto copy KTP Ketua/Penanggung jawab Koperasi;

-           Foto copy izin gangguan;

-           Neraca Awal Koperasi.

 

 

3 hari

Gratis

Klasifikasi obyek izin :

-        Modal usaha (tidak termasuk tanah dan bangunan sampai dengan Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).

(TDP yang mengikuti SIUP Mikro)

Penandatanganan izin oleh Camat.

 4.

Izin Reklame

Mengisi formulir permohonan yang telah tersedia, dilampirkan :

-           Foto copy KTP;

-           Spanduk, umbul-umbul harus dibawa untuk diperiksa dan disahkan

1 hari.

Gratis

Klasifikasi Obyek Izin :

-        Spanduk, Umbul-umbul dan papan nama yang ditempel di took, salon atau sejenisnya.

 

Penandatanganan izin oleh Camat.

 5.

Izin Pengumpulan Dana

Mengisi formulir permohonan yang telah tersedia, dilampirkan :

-           Foto copy KTP;

-           Proposal kegiatan.

 

2 Hari

Gratis

Klasifikasi Obyek Izin :

-        Untuk pelaksanaan pengumpulan dana pada suatu wilayah kecamatan yang terkait dengan kegiatan social.

 

Penandatanganan izin oleh Camat.

 6.

Izin Menutup Jalan

Mengisi formulir permohonan yang telah tersedia, dilampirkan :

-           Foto copy KTP;

-           Surat permohonan yang diketahui Kepala Desa/Lurah serta Camat

-           Surat rekomendasi dari satlantas/Polsek wilayah setempat.

1 Hari

Gratis

Klasifikasi Obyek Izin :

-        Untuk pelaksanaan penutupan jalan pada satu wilayah kecamatan

 

Penandatanganan izin oleh Camat.

 

 

 

 

 

 

 

STANDART PELAYANAN NON PERIZINAN DALAM RANGKA PATEN PADA KECAMATAN GEMBONG

 

 NO

JENIS PELAYANAN

PESYARATAN

WAKTU

BIAYA

KETERANGAN

1. 

Rekomensasi, pencatatan, pengawasan dan pengendalian pemanfaatan lahan bekas jalan kali mati

Surat Pengantar dari Desa yang ditandatangani Kepala Desa dan yang bersangkutan dengan dilampirkan :

  • Foto copy KTP;
  • Foto copy KK.

 

1 hari

Gratis

 

Diperlukan inspeksi ke lapangan oleh Kepala Seksi yang membidangi

 2.

Rekomendasi dan pengawasan izin pendaftaran Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dalam bidang sosial, organisasi sosial/panti sosial di lingkup kecamatan

Surat Pengantar dari Desa yang ditandatangani Kepala Desa dan yang bersangkutan dengan dilampirkan :

  • Foto copy KTP;
  • Foto copy KK.

 

1 hari

Gratis

 

Diperlukan inspeksi ke lapangan oleh Kepala Seksi yang membidangi

 3.

Rekomendasi pemberian surat keterangan domisili kantor / usaha sendiri

Surat Pengantar dari Desa yang ditandatangani Kepala Desa dan yang bersangkutan dengan dilampirkan :

  • Foto copy KTP;
  • Foto copy KK.

 

1 hari

Gratis

 

Diperlukan inspeksi ke lapangan oleh Kepala Seksi yang membidangi

 4.

Rekomendasi pemberian izin usaha, pengawsan dan pelaporan tempat usaha pelatihan kerja

Surat Pengantar dari Desa yang ditandatangani Kepala Desa dan yang bersangkutan dengan dilampirkan :

  • Foto copy KTP;
  • Foto copy KK.

 

1 hari

Gratis

 

Diperlukan inspeksi ke lapangan oleh Kepala Seksi yang membidangi

 5.

Rekomendasi pemberian izin keramaian, izin gangguan, ijin usaha dan ijin mendirikan bangunan

Surat Pengantar dari Desa yang ditandatangani Kepala Desa dan yang bersangkutan dengan dilampirkan :

  • Foto copy KTP;
  • Foto copy KK.

 

1 hari

Gratis

 

Diperlukan inspeksi ke lapangan oleh Kepala Seksi yang membidangi

 6.

Rekomendasi pencairan alokasi dana desa yang diajukan oleh pemerintah desa di wilayahnya

Surat Pengantar dari Desa yang ditandatangani Kepala Desa dan yang bersangkutan dengan dilampirkan :

  • Permohonan pencairan dana;
  • Kwitansi penerimaan bermaterai cukup;
  • Rencana Penggunaan Dana (RDP) sesuai petunjuk teknis pencairan dana;
  • SK Kepala Desa tentang Bendahara Desa;
  • Foto copy Buku Rekening Desa;
  • Foto copy NPWP Desa;
  • Peraturan Desa tentang APBDes Tahun berkenaan yang telah diundangkan;
  • Laporan Akhir Penggunaan Dana ADD Tahun lalu;
  • LPPD Desa Tahun yang lalu
  • LKPJ Desa Tahun yang lalu.

3 hari

Gratis

 

Rekomendasi Camat dibawa yang bersangkutan ke Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pati

 7.

Rekomendasi pencairan bantuan keuangan berupa tambahan penghasilan aparat pemerintah desa dan bantuan keuangan bagi anggota badan permusyawaratan Desa dan Bantuan Keuangan kepada Pemerintah Desa lainnya yang diajukan oleh pemerintah desa di wilayahnya

Surat Pengantar dari Desa yang ditandatangani Kepala Desa dan yang bersangkutan dengan dilampirkan :

  • Permohonan pencairan dana;
  • Kwitansi penerimaan bermaterai cukup;
  • Rencana Penggunaan Dana (RDP) sesuai petunjuk teknis pencairan dana;
  • SK Pengangkatan Aparat Pemerintah Desa atau SK Pengangkatan Anggota BPD atau SK pemberhentian AparatPemerintah Desa atau SK pemberhentian Anggota BPD;
  • Foto copy Buku Rekening Desa;
  • Foto copy NPWP Desa;
  • Foto copy Peraturan Desa tentang APBDes Tahun berkenaan yang telah diundangkan;
  • Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Dana periode sebelumnya.

 

3 hari

Gratis

 

Rekomendasi Camat dibawa yang bersangkutan ke Bagian Tata Pemerintah Setda Kabupaten Pati

 8.

Legalisasi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Foto copy KK atau KTP yang akan dilegalisir dengan menunjukkan KTP dan KK yang asli.

1 jam

Gratis

 

 

 9.

Menerbitkan Keputusan mengenai Pengangkatan Anggota Badan Permusyawaratan Desa di wilayah kerjanya

Surat Pengantar Kepala Desa dengan dilampirkan :

-          Permohonan pengangkatan;

-          Berita Acara Rapat Pemilihan Anggota BPD;

-          Berita Acara Rapat Penetapan Anggota BPD;

-          SK Pemberhentian Anggota BPD sebelumnya.

3 hari

Gratis

 

 

 10.

Menerbitkan keputusan mengenai Pemberhentian Anggota Badan Permusyawaratan  Desa dan Pengesahan Penggantian Anggota Badan Permusyawaratan Desa di wilayah kerjanya antar Wahtu di wilayah kerjanya

 

Surat Pengantar Kepala Desa dengan dilampirkan :

-          Permohonan pemberhentian;

-          Berita Acara Rapat Pemberhentian Anggota BPD;

-          Berita Acara Rapat Penetapan PAW Anggota BPD;

-          SK Pemberhentian Anggota BPD sebelumnya.

3 hari

Gratis

 

 

 11.

Evaluasi Peraturan Desa tentang APBDes

Surat Pengantar dari Desa yang ditandatangani Kepala Desa dan yang bersangkutan dengan dilampirkan :

  • Permohonan evaluasi Perdes tentang APBDes;
  • Foto copy SK Penetapan Bendahara Desa;
  • Foto copy Peraturan Desa tentang APBDes Tahun berkenaan yang telah ditetapkan;
  • LPPD Desa Tahun yang lalu;
  • LKPJ Desa Tahun yang lalu.

 

3 hari

Gratis

 

Rekomendasi Camat dibawa yang bersangkutan ke Bagian Tata Pemerintah dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Pati

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN II

PERATURAN BUPATI PATI NOMOR 40 TAHUN 2013 TENTANG STANDART PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN DALAM RANGKA PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN DI KABUPATEN PATI

BAGAN ALUR PELAYANAN NON PERIZINAN

PEMOHON

MULAI

PERSYARATAN

PEMERIKSAAN BERKAS DAN VALIDASI

PERCETAKAN DAN PENOMORAN SURAT

VERIVIKASI

INFORMASI PERMASYARAKATAN

 

 

 

PETUGAS INFORMASI/PIKET

 

 

 

PETUGAS LOKET PELAYANAN

 

 

 

 

TIDAK

KEPALA SEKSI PELAYANAN

 

 

 

 

 

OPERATOR KOMPUTER

 

 

  

 

 

   

 

 

                                                                             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

%MCEPASTEBIN%

Alamat Kecamatan Gembong

Jl. Raya Pati - Gembong KM. 14, No.Telp (0295) 54101515 Email :kecamatangembong1@gmail.com Website : kecamatangembong.patikab.go.id