Tupoksi

 

SUSUNAN ORGANISASI

 

Susunan Organisasi Kecamatan sesuai dengan Peraturan Bupati Pati Nomor 64 Tahun 2016 tentang kedudukan,susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja kecamatan adalah sebagai berikut :

 a. Camat;

 b. Sekretariat, terdiri dari :

     1. Subbagian Program dan Keuangan;

     2. Subbagian Umum dan Kepegawaian;

 c. Seksi Pemerintahan;

 d. Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa;

 e. Seksi Ketentraman dan Penertiban Umum;

 f. Seksi Pelayanan;

 g. Seksi Kesejahteraan Sosial;

 h. Kelurahan;

 i. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

Tugas, Pokok dan Fungsi

 

a. Camat

 

Camat mempunyai rincian tugas :

a. merumuskanprogramdanrencanakerjasertarencana kegiatan urusan Kecamatan sebagai pedoman kerja        agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;

b.  mempelajari     dan     menelaah     peraturan     perundang- undangan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis bidang  kesekretariatan,                pemerintahan,         pemberdayaan masyarakatdesa, ketentramandanpenertibanumum, pelayanan,  dan  kesejahteraan  sosial  sebagai  pedoman kerjaagar    pelaksanaan    program   kerjasesuai         dengan rencana;

c. memberipetunjuk,arahan,sertamembagitugaskepada bawahan                  dalam    pelaksanaan    tugas    sesuai    dengan ketentuan                    yang       berlaku     agar     tugas-tugas     dapat diselesaikan dengan tepat, efektif, dan efisien;

d. mengkoordinasikan      pelaksanaan       tugas      bawahan berdasarkan ketentuan yangberlakuuntuk kelancaran tugas Kecamatan;

e. menyelenggarakan   konsultasi   dan    koordinasi    secara vertikal                maupun    horizontal    guna    sinkronisasi    dan kelancaran pelaksanaan tugas;

f. merumuskanbahankebijakanurusan   kecamatansesuai dengan peraturanperundang-undangansebagai bahan kajian pimpinan;

g. mengarahkan  dan  mengendalikan  pelaksanaan  kegiatan program                 dan    keuangan,    umum    dan    kepegawaian, pemerintahan,         pemberdayaan    masyarakat       desa, ketentraman                 dan    penertiban     umum,pelayanan,        dan kesejahteraan                       sosial     sesuai   ketentuan  agar   mencapai sasaran yang ditetapkan;

h.mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan kesekretariatan sesuaidenganketentuanyangberlaku gunakelancaran pelaksanaan tugas;

i.  menyelenggarakan   kegiatan    Pemerintahan    di   tingkat Kecamatan sesuaidengan ketentuanyang berlaku guna kelancaran pelaksanaan tugas;

j. menyelenggarakan   kegiatan   Pemberdayaan   Masyarakat sesuaidenganketentuanyangberlaku gunakelancaran pelaksanaan tugas;

k. menyelenggarakankegiatanKetentramandanPenertiban Umum              sesuai   dengan   ketentuan   yang   berlaku   guna kelancaran pelaksanaan tugas;

l. menyelenggarakan   kegiatan   Pelayanan   sesuai   dengan ketentuan yang berlaku guna kelancaran pelaksanaan tugas;

m. menyelenggarakan  kegiatan  Kesejahteraan  Sosial  sesuai dengan                ketentuan    yang    berlaku    guna    kelancaran pelaksanaan tugas;

n.  mengevaluasi    dan    menilai    prestasi    kerja    bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai    ketentuan        dalam             rangkapeningkatankarier, pemberian penghargaan dan sanksi;

o. melaporkan      pelaksanaan      program      dan      kegiatan Kecamatan baik secara lisan maupun tertulis kepada atasan    sebagaiwujud             akuntabilitas       dan   transparansi pelaksanaan tugas;

p. melaksanakantugaskedinasanlainyangdiberikanoleh pimpinan, baik lisan maupun tertulis.

 

b. Sekretariat

 

Sekretariat    mempunyai    tugas    menyiapkan    perumusan kebijakanteknis,pembinaandanpelaksanaan programdan keuangan,   umum                    dan        kepegawaian,   hukum,  hubungan masyarakat                             dan          organisasi      serta      pengkoordinasian perencanaan dan pelaporan bidang di lingkungan Kecamatan.

 

Sekretariat dalam menjalankan tugasnya mempunyai fungsi:

1. penyiapanbahanperumusankebijakanteknis,pembinaan dan pelaksanaan bidang umum dan kepegawaian, program dan keuangan;

2. pengelolaandanpelayananprogramdankeuanganserta umum dan kepegawaian,serta hukum, hubungan masyarakat dan organisasiuntuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Kecamatan;

3. pengkoordinasianpelaksanaanpenyusunanprogramdan kegiatan di lingkungan Kecamatan;

4. pelaksanaantugaslainyangdiberikanolehCamatsesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Sekretariat mempunyai rincian tugas :

a. merumuskan program dan rencana kerja serta rencana kegiatandibidangkesekretariatansebagaipedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;

b.  mempelajari     dan     menelaah     peraturan     perundang- undangan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis bidang kesekretariatan;

c. memberipetunjuk,arahansertamembagitugaskepada bawahan                  dalam    pelaksanaan    tugas    sesuai    dengan ketentuan                    yang       berlaku     agar     tugas-tugas     dapat diselesaikan dengan tepat, efektif dan efisien;

d.  menyelenggarakan   konsultasi   dan    koordinasi    secara vertikal                maupun    horizontal    guna    sinkronisasi    dan kelancaran pelaksanaan tugas;

e. merumuskan   bahan   kebijakan   teknis   kesekretariatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan diatasnya sebagai bahan kajian pimpinan;

f. mengarahkan  dan  mengendalikan  pelaksanaan  kegiatan program            dan         keuangan,    umum    dan    kepegawaian berdasarkan data yang masuk dan pemantauan lapangan untuk  mengetahui            perkembangan            serta    permasalahan yang mungkin timbul;

g. mengkoordinasikanperencanaanprogramdankeuangan sesuaidenganketentuanyangberlaku gunaterwujudnya keterpaduan pelaksanaan tugas;

h. mengkoordinasikanpelayananadministrasiumumdan kepegawaian, serta pelayanan terkaithukum, hubungan masyarakat    dan     organisasi                     Kecamatan          sesuai          dengan ketentuanyang  berlaku  guna  terwujudnyaketerpaduan pelaksanaan tugas;

i. mengevaluasi    dan    menilai    prestasi    kerja    bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai    ketentuan        dalam             rangkapeningkatankarier, pemberian penghargaan dan sanksi;

j. melaporkan  pelaksanaan  program  dan  kegiatan  bidang kesekretariatan baik secara lisan maupun tertulis kepada atasansebagai             wujud     akuntabilitas                dan   transparansi pelaksanaan tugas;

k. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

1. Subbagian Program dan Keuangan mempunyai rincian tugas :

a. merencanakan  dan  mengkonsep  program  dan  rencana kerja serta rencana kegiatan diBidang Programdan Keuanganberdasarkanprogramkerja tahunsebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;

b. mempelajari     dan     menelaah     peraturan     perundang- undangan                   yang   terkait   dengan                 Bidang     Program  dan Keuangan dan yang terkait dengan  bidang tugasnya;

c. membagi   tugas,   memberi   petunjuk   dan   membimbing bawahannya dalam melaksanakan  tugasnya berdasarkan jabatan    dan               kompetensinya       untuk         pemerataan    dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;

d. meneliti    dan   menyelia    pelaksanaan    tugas    bawahan berdasarkan arahansebelumnya agardiperolehhasil kerja yang optimal;

e. melaksanakankonsultasidankoordinasisecaravertikal maupun                horizontal   guna  sinkronisasi   dan   kelancaran pelaksanaan tugas;

f. melaksanakanpenyusunanrencanaprogramdankegiatan dinas dengan menghimpun kegiatandari masing-masing bidang untuk pelaksanaan kegiatan;

g. merancang   pengelolaan    sistem    informasi   manajemen Kecamatan sebagai bahan informasi Kecamatan;

h. melaksanakan pemantauan dan evaluasi kegiatan dari masing-masing                              Seksi      untuk      mengetahui      mutu pelaksanaan kegiatan;

i. melaksanakan     penyusunan    rencana     belanja     dinas berdasarkan alokasi dana dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran SatuanKerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD) guna terwujudnya tertib penggunaan anggaran;

j. melaksanakan    penyusunan    belanja    tidak    langsung, belanjalangsung danpenerimaansesuaipetunjuk teknis kegiatan guna terwujudnya tertib anggaran;

k. melaksanakan       pengelolaan       keuangan,      verifikasi, pembukuan den akuntansi sesuai dengan petunjuk dan pedoman yang telah ditentukan guna tertib administrasi;

l. melaksanakan   penilaian   dan   prestasi   kerja   bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai    ketentuan       dalam                          rangka       peningkatan     karier, pemberian penghargaan dan sanksi;

m. mengevaluasi   hasil    pelaksanaan    kegiatan   Subbagian Program danKeuangan berdasarkan program kerjaagar sesuai dengan target hasil;

n. membuat    laporan    pelaksanaan    kegiatan    Subbagian ProgramdanKeuangan sesuaidengan hasilpelaksanaan kegiatansebagaiwujudakuntabilitas dantransparansi pelaksanaan tugas;

o. melaksanakantugaskedinasanlainyangdiberikanoleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

2. Subbagian   Umum   dan   Kepegawaian   mempunyai   rincian tugas:

a. merencanakan  dan  mengkonsep  program  dan  rencana kerjaserta  rencana         kegiatan                  Subbagian  Umum   dan Kepegawaian                      berdasarkan          program      kerja     tahun sebelumnya           sebagai    pedoman             kerja  agar   pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;

b. mempelajari     dan     menelaah     peraturan     perundang- undangan yang terkaitdenganSubbagian Umumdan Kepegawaian dan yang terkait dengan bidang tugasnya;

c. membagi   tugas,   memberi   petunjuk   dan   membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan     dan               kompetensinya       untuk         pemerataan    dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;

d.  meneliti    dan    menyelia   pelaksanaan    tugas    bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;

e. melaksanakankonsultasidankoordinasisecaravertikal maupun                horizontal   guna   sinkronisasi   dan  kelancaran pelaksanaan tugas;

f. mengelola  pelaksanaan  surat  menyurat  dan  kearsipan Kecamatan dengan meneliti berikut kelengkapan surat untuk terwujudnya tertib administrasi;

g. menyusun   pelaksanaan   perencanaan,   pengadaan   dan pemeliharaan serta pelaporan sarana prasarana sesuai kebutuhan untuk mendukung kelancaran tugas;

h. menyusunpelaksanaanadministrasikepegawaiansesuai dengan ketentuan yang berlaku guna tertib administrasi kepegawaian;

i. melaksanakan    pelayanan   urusan    hukum,   hubungan masyarakat dan organisasi untuk kelancarankomunikasi dan informasi Kecamatan;

j. melaksanakan   penilaian   dan   prestasi   kerja   bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai    ketentuan        dalam                          rangka      peningkatan     karier, pemberian penghargaan dan sanksi;

k. mengevaluasi    hasil    pelaksanaan    kegiatan    Subbagian Umum dan Kepegawaian berdasarkanprogram kerja agar sesuai dengan target hasil;

l. membuatlaporanpelaksanaankegiatanSubbagianUmum dan          Kepegawaian   sesuai    dengan   hasil    pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitasdan transparansi pelaksanaan tugas;

m. melaksanakantugaskedinasanlainyangdiberikanoleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

  

c. Seksi Pemerintahan

Seksi Pemerintahan mempunyai rincian tugas :

a. mengkonsep  program  dan  rencana  kerja  serta  rencana kegiatan di seksi pemerintahanberdasarkan program kerja tahunsebelumnya              sebagai            pedoman  kerja            agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;

b. mempelajari     dan     menelaah     peraturan     perundang- undangan yang terkaitdenganSeksi Pemerintahandan yang terkait dengan bidang tugasnya;

c. membagi   tugas,   memberi   petunjuk,   dan   membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan     dan               kompetensinya       untuk        pemerataan    dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;

d.  meneliti    dan    menyelia   pelaksanaan    tugas   bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;

e. melaksanakankonsultasidankoordinasisecaravertikal maupun                horizontal   guna   sinkronisasi   dan  kelancaran pelaksanaan tugas;

f. menyusun  bahan  kebijakan  teknis  Seksi  Pemerintahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan di atasnya sebagai bahan kajian pimpinan;

g. melaksanakan     pengawasan,     pemberian     bimbingan, pembinaan          dan        petunjuk           terhadap   Pemerintah Desa/Kelurahan            dan       Wilayah  yang  meliputi  kegiatan pelayanan administrasi desa,pengadaan sumber-sumber penghasilan dan pendapatan desa yang baru, pelaporan dan   pertanggungjawaban       Anggaran             Pendapatan       dan Belanja        Desa,     pertanggungjawaban          Kepala   Desa,   dan mempersiapkan          kemungkinan-kemungkinan    terjadinya pemekaran wilayah, mengikuti perkembangan kekuatan- kekuatan sosial politik di wilayah berdasarkan petunjuk teknis untuk mengetahui perkembangan kegiatan;

h.  menyusun      peta,      statistik      dan      grafik      tentang pengembangan wilayah desa/kelurahan, perubahan batas, pemindahan,                         pembentukan     dan     perubahan     nama desa/kelurahan berdasarkan monografi untuk mengetahui batas wilayah;

i. melaksanakanpembinaanBadanPermusyawaratanDesa dan          Organisasi    Perangkat    Desa    (Kelurahan)    serta pembinaan dan petunjuk kerjasama dan penyelesaian sengketa  antar  desa/kelurahan  berdasarkan  preosedur dan kewenangan agar kelembagaan dari perangkat desa berkualitas;

j. melaksanakan    fasilitisasi    hal-hal    yang             berhubungan dengan               alih   fungsi    dan  perubahan    status    hukum kekayaan desa/kelurahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku guna kelancaran penyelenggaraan pemerintahan;

k. melaksanakan koordinasi penyelenggaraan administrasi kependudukan                danpencatatan    sipilyang     meliputi pelaksanaan                pendataran    penduduk,    penerbitan     Kartu TandaPendudukdanKartuKeluarga,  danadministrasi pindah                penduduk,    sesuai     prosedur     untuk    tertib administrasi;

l. mengevaluasi      hasil      pelaksanaan      kegiatan      Seksi Pemerintahan                         berdasarkan   program   kerja   agar   sesuai dengan target hasil;

m. membuat      laporan      pelaksanaan      kegiatan      Seksi Pemerintahan sesuaidengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai      wujud                  akuntabilitasdan                transparansi pelaksanaan tugas;

n. melaksanakantugaskedinasanlainyangdiberikanoleh pimpinan, baik lisan maupun tertulis.

 

d. Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa

 

Seksi  Pemberdayaan  Masyarakat  Desa  mempunyai  rincian tugas :

a. mengkonsep  program  dan  rencana  kerja  serta  rencana kegiatan di Seksi  Pemberdayaan    Masyarakat    Desa berdasarkan program kerja tahun sebelumnyasebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;

b.  mempelajari dan menelaah peraturan perundang- undangan yang  terkait  dengan  Seksi   Pemberdayaan Masyarakat  Desa dan yang terkait dengan bidang tugasnya;

c. membagi   tugas,   memberi   petunjuk,   dan   membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk  pemerataan  dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;

d.  meneliti    dan    menyelia   pelaksanaan    tugas   bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal

e. melaksanakankonsultasidankoordinasisecaravertikal maupun horizontal  guna   sinkronisasi   dan  kelancaran pelaksanaan tugas;

f. menyusun  bahan  kebijakan  teknis  SeksiPemberdayaan Masyarakat Desa sesuai denganperaturan perundang- undangan diatasnya sebagai bahan kajian pimpinan;

g. melaksanakan  pembinaan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa,   dan   penyelenggaraan   lomba   desa bersama-samadenganseksi-seksipada unitkerjamaupun Lembaga/Dinas/Instansi terkait berdasarkan prosedur agarlembaga menjadi lebih berkualitas;

h. melaksanakankoordinasidenganinstansiterkaitdalam rangka pengembangan   usaha    kecil,    menengah    dan koperasi melalui forum koordinasi atau fasilitasi guna kelancaran pelaksanaan tugas;

i. melaksanakan  kegiatan  pemukiman  kembali  penduduk, pemugaranlingkungan,danpemugaran perumahan desa bekerjasamadenganinstansiterkait gunakelancaran pelaksaanaan tugas;

j. melaksanakan  pembinaan   dan   mendorong   partisipasi masyarakat                       untuk    ikut    serta     dalam perencanaan pembangunan  dalam   forum   musyawarah   perencanaan pembangunan di desa/kelurahan dan tingkat kecamatan berdasarkan peraturan untuk pedoman perencanaan;

k. mengevaluasihasilpelaksanaankegiatanPemberdayaan Masyarakat Desa berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;

l. membuat  laporan  pelaksanaan  kegiatan  Pemberdayaan Masyarakat                      Desa    sesuai    dengan   hasil    pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitasdantransparansi pelaksanaan tugas;

m. melaksanakantugaskedinasanlainyangdiberikanoleh pimpinan, baik lisan maupun tertulis.

 

 e. Seksi Ketentraman dan Penertiban Umum

 

SeksiKetentramandanPenertibanUmummempunyairincian tugas :

a. mengkonsep  program  dan  rencana  kerja  serta  rencana kegiatan di seksiKetentraman danPenertibanUmum berdasarkan program kerja tahun sebelumnyasebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;

b. mempelajari     dan    menelaah     peraturan     perundang- undanganyangterkaitdenganseksiKetentramandan Penertiban   Umum                    dan        yang  terkait           dengan      bidang tugasnya;

c. membagi   tugas,   memberi   petunjuk,   dan   membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan     dan               kompetensinya       untuk        pemerataan    dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;

d.  meneliti    dan    menyelia   pelaksanaan    tugas   bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;

e. melaksanakankonsultasidankoordinasisecaravertikal maupun                horizontal   guna   sinkronisasi   dan  kelancaran pelaksanaan tugas;

f.menyusunbahankebijakanteknisSeksiKetentramandan Penertiban  Umum  sesuai  dengan  peraturanperundang- undang di atasnya sebagai bahan kajian pimpinan;

g. melakukan   persiapan    dalam   rangka   penanggulangan bencana dan mendistribusikan bantuan kepada korban bencana            alam  serta                pertanggungjawaban    penggunaan bantuan      korban                bencanaalamdi     tingkat          Kecamatan bekerjasamadenganinstansiterkaitagarbantuan cepat tersalurkan;

h. melakukankoordinasikewilayahanatasdasarhubungan fungsional               dengan       Musyawarah   Pimpinan  Kecamatan, pemuka agama dan tokoh masyarakat yang berada di wilayah         kerja               Kecamatanuntuk    untuk   mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum di wilayah Kecamatan;

i. mengelola  dan  mensistemasikan  bidang  bela  negara  di tingkatKecamatan sesuaidenganpetunjukpelaksanaan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

j. melaksanakankerjasamadenganSeksiPelayanandalam pelaksanaan tugasyang berhubungandengan pemberian rekomendasidibidangperizinanberdasarkan peraturan untuk pelayanan prima;

k.  mengevaluasi   hasil   pelaksanaan   kegiatan   ketentraman danpenertiban  umum  berdasarkan  programkerjaagar sesuai dengan target hasil;

l. membuatlaporanpelaksanaankegiatanketentramandan penertiban                    umum   sesuai    dengan   hasil   pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitasdan transparansi pelaksanaan tugas;

m. melaksanakantugaskedinasanlainyangdiberikanoleh pimpinan, baik lisan maupun tertulis.

 

f. Seksi Pelayanan 

SeksiPelayanan mempunyai rincian tugas :

a. mengkonsep  program  dan  rencana  kerja  serta  rencana kegiatan di Seksi Pelayanan berdasarkan program kerja tahun       sebelumnya              sebagai            pedoman  kerja            agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;

b.  mempelajari     dan     menelaah     peraturan     perundang- undangan yang terkait denganSeksi Pelayanandan yang terkait dengan bidang tugasnya;

c. membagi   tugas,   memberi   petunjuk,   dan   membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan     dan               kompetensinya       untuk        pemerataan    dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;

d.  meneliti    dan    menyelia   pelaksanaan    tugas   bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;

e. melaksanakankonsultasidankoordinasisecaravertikal maupun                horizontal   guna   sinkronisasi   dan  kelancaran pelaksanaan tugas;

f. menyusun    bahan    kebijakan    teknis    kegiatan    Seksi Pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan di atasnya sebagai bahan kajian pimpinan;

g. melaksanakan  koordinasi  dengan  pihak  swasta  dalam pemeliharaan prasarana dan fasilitaspelayanan umum berdasarkan prosedur kerja untuk pelayanan prima;

h. mengelolapelaksanaantugasyangberhubungandengan rekomendasidibidangperizinanberdasarkan peraturan untuk pelayanan prima;

i. mengevaluasi    hasil    pelaksanaan    kegiatan    pelayanan berdasarkan  program  kerja  agar  sesuai  dengan  target hasil;

j. membuatlaporanpelaksanaankegiatanpelayanansesuai dengan               hasil    pelaksanaan    kegiatan    sebagai    wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas;

k. melaksanakantugaskedinasanlainyangdiberikanoleh pimpinan, baik lisan maupun tertulis.

 

g. Seksi Kesejahteraan Sosial

 

Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai rincian tugas :

a. mengkonsep  program  dan  rencana  kerja  serta  rencana kegiatan     di                 Seksi          Kesejahteraan    Sosial   berdasarkan program kerja tahun sebelumnyasebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;

b.  mempelajari     dan     menelaah     peraturan     perundang- undangan yang terkait dengan Seksi Kesejahteraan Sosial dan yang terkait dengan bidang tugasnya;

c. membagi   tugas,   memberi   petunjuk,   dan   membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan     dan               kompetensinya       untuk        pemerataan    dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;

d.  meneliti    dan    menyelia   pelaksanaan    tugas   bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;

e. melaksanakankonsultasidankoordinasisecaravertikal maupun                horizontal   guna   sinkronisasi   dan  kelancaran pelaksanaan tugas;

f. melaksanakanpembinaanterhadappenderitacacat,tuna karya, tuna wisma, panti asuhan, dan masalah sosial lainnya di tingkat Kecamatan dengan memberi pengarahan sebagai wujud kepedulian;

g. mengelola kegiatan sosial dalam rangka pembinaan bidang keagamaan, pendidikan, sosial dankesehatan di tingkat Kecamatan     sesuai       petunjuk     teknis                     kegiatanuntuk kelancaran pelaksanaan tugas;

h. melakukan kerja sama dengan Seksi Ketentraman dan Penertiban Umum daninstansi terkaityang berhubungan denganpenanggulanganbencana         alam                 di         tingkat Kecamatan sepertiPusat Kesehatan Masyarakat, Palang Merah Indonesia, Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, dan         Pemerintahan       Kabupaten  sesuaiprosedur              untuk pelayanan kepada masyarakat;

i. melakukanpembinaanPemberdayaandanKesejahteraan Keluarga                 berkerja   sama   dengan   Seksi   Pemberdayaan Masyarakat Desa;

j. melaksanakanadministrasinikah,talak,cerai,danrujuk sesuai prosedur sebagai wujud pelayanan masyarakat;

k. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatanKesejahteraan Sosial  berdasarkan  program  kerja  agar  sesuai  dengan target hasil;

l. membuat   laporan   pelaksanaan   kegiatan   kesejahteraan Sosialsesuaidengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas;

m. melaksanakantugaskedinasanlainyangdiberikanoleh pimpinan, baik lisan maupun tertulis.

 

h. Kelurahan 

Kelurahan mempunyai tugas :

 a. melaksanakan kegiatan pemerintahan kelurahan;

 b. melakukan pemberdayaan masyarakat;

 c. melaksanakan pelayanan masyarakat;

 d. memelihara ketentraman dan ketertiban umum;

 e. memelihara    sarana     dan    prasarana     serta    fasilitas pelayanan umum;

 f. melaksanakan tugas lain yang diberikan olehCamat; dan

 g. melaksanakan     tugas     lain     berdasarkan     ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Kelurahan dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi :

 a. pelaksanaan kegiatan pemerintahan kelurahan;

 b. pelaksanaan pemberdayaan masyarakat;

 c. pelaksanaan pelayanan masyarakat;

 d. pemeliharaan ketentraman dan ketertiban umum;

 e. pemeliharaan    sarana    dan    prasarana    serta    fasilitas pelayanan umum;

 f. pelaksanaan tugas lain yang diberikan olehCamat; dan

 g. pelaksanaan    tugas    lain    sesuai     dengan    ketentuan peraturan perundang-undangan.

Alamat Kecamatan Gembong

Jl. Raya Pati - Gembong KM. 14, No.Telp (0295) 54101515 Email :kecamatangembong1@gmail.com Website : kecamatangembong.patikab.go.id